Jumat, 21 Oktober 2011

cara hacking e63 part ii

cara Hacking Untuk Semua Ponsel Symbian Series




Akhir manis dari sebuah penantian yang sangat lama. Kabar menggembirakan telah datang bagi para pengguna ponsel Symbian yang mengalami kesulitan meng-hack ponselnya baik karena hard reset maupun karena mengadopsi Symbian versi terbaru.


Beberapa hari yang lalu saat meramban situs Smartlip.Com saya menemukan sebuah metode hacking baru yang bisa diterapkan untuk semua ponsel Symbian dari Symbian 9.x sampai Symbian^3 dan ternyata metode tersebut bisa juga digunakan pada ponsel yang unhackable gara – gara hard reset tanpa harus upgrade firmware .

Seorang nara forum Smartlip.Com (stas686) berhasil menemukan metode ini yang kemudian dikembangkan oleh CODeRUS dan Kolayuk hingga lahirlah sebuah Just HackIt. Berikut ini metode hacking dengan Just HackIt :

Persiapan Alat :

1. Buat sertifikat di S60certkey.Com (Kamu yang tak berhasil di Opda dan gagal menggunakan XStevedore, boleh mencoba peruntungan di s60certkey.com. Dari pengalaman saya beberapa hari yang lalu, sertifikat selesai dalam 24 jam.


Yang agak sedikit ribet adalah saat registrasi karena email aktifasi akun yang terkirim ke alamat email kita seringkali masuk ke folder spam bukan inbox dan link aktifasi tersebut harus diklik langsung dari akun email kita.

Prosedur ini dibuat berdasarkan kinerja ponsel karena saat membuatnya saya menggunakan Opera Mini 5.1.

1. Buka http://s60certkey.com.

Silakan baca dulu maklumat (maknya siapa sih ini?) yang ada di laman tersebut sebelum sign up.

2. Klik sign up dibagian atas halaman atau dengan mengklik ‘here’ yang ada diakhir maklumat.

3. Isi formulir pendaftaran yaitu alamat email dan password. Kemudian tebak Captcha lalu klik Create My Account.

*Jangan lupa mengaktifkan fitur gambar pada browser sehingga gambar captchanya nampak*.

Jika berhasil dihalaman berikutnya kamu sudah dalam keadaan login dengan status akun masih Pending. Baca makmulat (lagi) yang ada dihalaman tersebut tentang aktifasi akunmu. Diberitahukan juga email otomatis yang terkirim ke alamat emailmu kemungkinan besar akan masuk ke folder spam.

5. Silakan log out dulu dari s60certkey.com.

6. Akses akun email — yang tadi didaftarkan — langsung dari Opera Mini.

Setelah masuk coba lihat dulu di inbox siapa tahu email aktifasi berhasil masuk inbox tapi jika tidak ada segera periksa di folder spam.

*Kalau kamu menggunakan protokol IMAP dan belum langgan/subscribe folder spam maka kamu harus berlangganan dulu*.

**Caranya (dalam hal ini di Gmail tapi mungkin server lain kurang lebih sama) adalah gulir ke bawah sampai kamu menemukan folder – folder yang kita langgan. Kemudian klik “selengkapnya” (Gmail bahasa Indonesia). Dihalaman berikutnya tik/centang folder spam dan dihalaman berikutnya lagi silakan buka folder spamnya**.

7. Klik link aktifasi yang ada di email, langsung dari dalam akunmu.

*Jika link tersebut dicopy lalu dipastekan ke address bar Opera Mini lalu mengkliknya, aktifasi belum terjadi*.

8. Status akunmu berubah jadi aktif dan silakan log out dulu baik diakun di s60certkey.com maupun di server akun email kamu.

9. Login lagi ke s60certkey.com untuk memulai pembuatan sertifikat.

10. Isi kolom di bagian bawah halaman dengan IMEI ponsel kamu lalu klik Submit.

*Dial *#06# di layar utama ponsel untuk mengetahui IMEI (serial number) ponselmu*.

11. Di halaman selanjutnya akan tampak status sertifikat kamu masih Pending dan tulisan Cer dan Key masih berwarna merah.

Baca juga maklumat (lagi – lagi) tentang berapa lama kamu harus menunggu selesainya sertifikat kamu (biasanya antara 24-48 jam).

12. Logout dulu dan ….

13. Setelah waktu menunggu cukup, login lagi ke s60certkey.com.

Kalau sertifikat kamu sudah jadi, statusnya berubah jadi Complete dan tulisan Cer dan Key berubah jadi hijau serta menjadi dua buah link untuk download cer dan key-mu.

15. Selesai.

#Biar genap 15, no 4 & no 14 tidak sengaja dan sengaja dihilangkan #

Untuk menggunakan sertifikat ini mensign aplikasi kita bisa menggunakan FreeSigner atau SignSis (MobileSis) tapi karena sertifikat FreeSigner sudah kadaluarsa maka yang tersedia hanya link download SignSis saja.

Download SignSis)


atau di Opda (Memiliki ponsel bersistem operasi Symbian S60v3/v5 atau OS 9 tanpa punya sertifikat sendiri atau – yang lebih ekstrim – tanpa dihack belumlah menjadi milik kita sepenuhnya . Mau pasang aplikasi mestilah aplikasi bersertifikat, mau dipersonalisasi tingkat lanjut pastilah mustafa (mustahil lah faa, hihihi). Untunglah ada situs yang menyediakan layanan pembuatan sertifikat secara gratis sehingga segala keterbatasan sedikit banyak bisa dilonggarkan.


Dengan adanya sertifikat dan kunci pribadi, kita tak perlu menunggu [hingga kering] sampai pihak pengembang mensertifikasi/men-signing produk mereka dan tak harus menghacking sistem ponsel jika hanya sekedar ingin memasang berbagai aplikasi. Jikalau anda ingin memiliki sertifikat sendiri, di bawah ini ada panduan membuat sertifikat di opda berdasarkan IMEI ponsel. Mengapa kita pilih opda? Karena sertifikat dari opda lebih fleksibel, bisa digunakan dengan SignTools di komputer dan dapat pula dengan FreeSigner yang terpasang di ponsel.

Prosedurnya sebagai berikut :

1. Pergilah ke http://cer.opda.cn/en/, silakan mau menggunakan browser komputer atau Opera Mini di ponsel.

2. Klik Register dan di halaman berikutnya isi formulir pendaftaran yang disajikan. Jangan lupa mengaktifkan gambar pada pengaturan browser agar huruf acak dapat dilihat.

3. Klik Submit and register dan jika registrasinya berhasil langsung saja login.

4. Sukses login, klik di My certificate.

5. Kemudian klik Apply cer di halaman yang berikutnya.

6. Isi beberapa pertanyaan tentang ponsel anda pada formulir yang disodorkan untuk memulai pembuatan sertifikat. Diantaranya adalah IMEI ponsel anda. IMEI ponsel bisa dilihat dengan mengetikkan *#06# dilayar utama atau dengan bantuan aplikasi seperti X-plore atau PhoneInfo.

7. Lalu klik Submit application. Jika tak ada yang salah akan ada notifikasi ”Operation Successfully”.
Selesai dan silakan logout atau kalau anda tertarik boleh menjelajah isi situs tersebut.

Kini anda tinggal menunggu hingga sertifikat tersebut selesai dibuat. Selang waktunya tergantung berapa banyak sertifikat yang mereka mesti buat saat itu. Bisa 2, 3, 4 atau 5 jam atau mungkin lebih. Tapi yang jelas tidak sampai satu hari.

Untuk mendownload sertifikat, login lagi ke http://cer.opda.cn/en/. Klik My certificate dan jika sertifikat anda sudah jadi akan ada link download sertifikat dan key pribadi anda (.cer dan .key). Downloadlah keduanya.

Peralatan yang dibutuhkan untuk sertifikasi juga telah tersedia di situs ini. Ada SignTools untuk PC dan FreeSigner (signed) untuk ponsel.)


, jika sudah ada lewatkan.

2. Download JustHackIt.zip

3. (Optional) Download file installserver di bawah ini yang sesuai versi Symbian ponsel kamu tapi jika sudah punya lewatkan bagian ini.

InstallServer 9.2

InstallServer 9.3 – 9.4

InstallServer S^3

4. Download FreeSigner (signed) dan jika sudah punya lewatkan langkah ini.

5. Untuk Symbian S60v3 dan S60v5 (andai belum punya) siapkan juga X-plore

Langkah Hacking :

1. Instal CertUpdater.sisx

2. Sign file CertHack_Installer.sis lalu instal file yang sudah signed.

3. Di Menu, klik ikon HackIt dan tunggu hingga proses hacking selesai.

Jika hacking sukses maka pada Symbian^3 secara otomatis akan terinstal FileBrowser sedangkan pada seri lainnya akan terinstal ROMPatcher+ v 2.6. Dan sampai di sini Hackit sudah bisa dihapus/uninstall.

4. Untuk Symbian 9.2 dan 9.3 yang kompatibel dengan patch Install Server RP+, buka ROMPatcher+ lalu aktifkan/enable patch tersebut. Sedangkan untuk ponsel yang tidak kompatibel, buka ROMPatcher+, aktifkan/enable patch Open4All kemudian dengan menggunakan X-plore, ekstrak file installserver.exe ke C:\sys\bin dan ada baiknya beri atribut Read Only.

Untuk Symbian 9.4 dan S^3 ada kemungkinan (saya tidak tahu pasti karena tidak punya, hehe…) file installserver.exe akan tercopy saat proses hacking sedang berlangsung. Tapi jika hal itu tidak terjadi, kamu bisa mendownload file tersebut pada tautan di atas dan mengekstraknya secara manual.

Khusus untuk S^3, agar dapat akses penuh pada file sistem lakukan pengaturan dulu di menu Settings pada aplikasi FileBrowser. Saya tidak tahu pengaturannya seperti apa karena belum pernah melihat, jadi silakan dieksplor sendiri .

Begitu juga dengan pengguna yang baru pertama kali menggunakan X-plore, konfigurasi terlebih dahulu dengan menekan tombol 0 atau G (qwerty) lalu centang 4 kotak cek pada bagian atas pengaturan kemudian tekan Back.

5. Selesai.

Happy hacking Happy ending

PS :

Bagi pengguna yang menginginkan sebuah patch memiliki autorun lebih awal bisa menambahkan file domainsrv.exe pada ROMPatcher+, silakan download file DomainSrv.zip dan cara serta penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini bisa dibaca (Sebenarnya fitur dua mode autorun ini telah ada pada versi sebelumnya (2.4 dan 2.5) namun karena saat ini versi 2.6 adalah yang termutakhir maka inilah yang saya tulis. Change-lognya dari v2.5 adalah mendukung patch yang sudah di-compile dan penambahan domainsrv.exe by Wadowice.


Dengan adanya dua mode autorun ini kita tak perlu lagi menggunakan RPDomain+ dan ROMPatcher+ secara bersamaan jika kita hanya menginginkan autorun yang berbeda pada tiap patch. Cukup instal ROMPatcher+ 2.6 dan selanjutnya kita bisa atur patch – patch mana saja yang kita butuhkan untuk langsung aktif begitu ponsel dihidupkan (booting) dan yang baru aktif setelah ponsel benar – benar hidup (setelah loading OS).

ROMPatcher+ 2.6 bisa diunduh disitus pengembangnya, www.symbian-toys.com. Di dalam file unduhan tersebut berisi ROMPatcher+ 2.6, ROMPatcher+ 2.6 Lite Version, dua buah file Domainsrv.exe, aplikasi compiler patch (untuk PC) dan file ROMPatcher+ yang siap ditambahkan ke dalam firmware dalam rangka cooking firmware.

Bagaimana cara instalasinya?

Instal RomPatcherPlus_26.sis (sebaiknya di kartu memori) kemudian secara manual letakkan file domainsrv.exe yang ada di folder For Advanced Users ke E:\Sys\Bin. Rename file C_sys_hash_domainsrv.exe menjadi domainsrv.exe saja lalu taruh di C:\Sys\Hash.

Bagaimana cara menerapkan autorun yang berbeda?

Sorot patch yang akan diaktifkan, tekan Options pilih Add to Auto jika kamu ingin patch aktif dengan autorun standar (aktif setelah ponsel benar – benar jalan) atau pilih Add to Auto (DomainSrv) jika ingin patch tersebut sudah aktif saat ponsel baru mulai hidup (booting).

Indikasinya adalah autorun standar ditandai dengan lingkaran berwarna kuning sedangkan autorun domainsrv (advance) ditandai dengan warna ungu.




Troubleshooting

Bagi pengguna yang instalasinya merupakan update versi sebelumnya, seandainya saja saat meng-apply patch [yang sebelumnya kompatibel] tiba – tiba semua patch bersilang merah, restart saja ponsel lalu apply lagi.

Jika terjadi masalah misalnya ponsel gagal booting yang disebabkan oleh patch yang diautorun dengan domainsrv maka lepas baterai, cabut kartu memori, hidupkan ponsel dan setelah itu baru masukkan kembali kartu memori.

Akhirnya, aturlah autorun patch sesuai kebutuhan, patch yang tidak mesti aktif lebih awal lebih baik pilih mode standar.

Tidak ada komentar: